(WISATA KE) MANADO (PART II)

Setelah sebelumnya berpetualang ke Bunaken (WISATA KE) BUNAKEN - MANADO (PART I), sekarang saya memutuskan untuk menjelajah bagian daratan dari Manado. Karena waktu yang terbatas dan sedikit senggak terencana, saya memutuskan untuk menyewa mobil dari hotel. Ternyata mereka punya paket-paket perjalanan wisata, fuih...menarik.... Jadi selain Bunaken, mereka menawarkan berbagai paket tujuan wisata lain di Manado. 

Ada dua paket wisata yang membuat saya tertarik, Paket Perjalananan ke Minahasa dan Paket Perjalanan ke Bitung. Dan saya akhirnya memutuskan ke Minahasa (hahaaa....). Untuk paket perjalanan ke Bitung (Bitung Tour) berisi perjalanan ke Waruga (kuburan batu >> situs tertua kebudayaan Minahasa tempo dulu), Naimudung Animal Collection (disini bisa melihat Tarsius Spectrum >> hewan khas Sulawesi Utara dengan mata yang menarik,,hoho...., juga ada kera hitam, dan teman-temannya yang lain), dan mengunjungi Pelabuhan Bitung, yang katanya merupakan salah satu pelabuhan alam terbaik di Indonesia.


Perjalanan ke Minahasa (Desa Tinoor-Tomohon-Danau Tondano)

Destinasi awal ialah melihat pemandangan Kota Manado di Desa Tinoor yang tingginya 500 m dari dasar laut. Selanjutnya akan melewati Kota Tomohon, yang disebut juga sebagai Kota Bunga. Perjalananan menuju ke Kota Tomohon dari Desa Tinoor juga banyak pemandangan yang seru. Lalu akan melewati Desa Woloan, dimana di desa ini banyak rumah kayu Minahasa. Ternyata rumah-rumah ini dijual, dan kita bisa memilih model dari rumah kayu yang dipamerkan di sisi jalan. Setelah itu, saya menuju ke Danau Tondano. Danau ini cukuplah luas. Selanjutnya ada Danau Linow. Berbeda dengan danau Tondano, danau ini berisi sulpur dan bisa berubah warna. Namun sayang, menurut saya danau ini tidaklah sebagus yang ada di brosur.





hasil anyaman bambu yang dijual oleh warga dapat ditemui diperjalanan

salah satu pemandangan sewaktu perjalanan

luasnya Danau Tonado (Dan enceng gondok yang memenuhi pinggiran)

jika ingin berolah raga, di tepi danau ada tempat pariwisata yang menyewakan bebek (hohoo...)

jajaran rumah kayu minahasa untuk dijual

Vihara Buddhayana

Sebenarnya setelah dari Danau Tondano, perjalanan di lanjutkan ke Bukit Kasih, namun karena terbatasnya waktu (hehe...mengejar pesawat...lagiiii...) dan lokasi Bukit Kasih yang lumayan jauh, saya memutuskan untuk tidak kesana.. Katanya di Bukit Kasih terdapat 5 bangunan ibadah dari 5 agama di Indonesia yang dibangun berdampingan (Masjid, Gereja Katolik, Vihara Buddha, Pura, Gereja Protestan). Semua bangunan ini mencerminkan bahwa masyarakat di Sulawesi Utara hidup dalam harmoni walaupun berbeda agama.

Manado memang mempunyai banyak tempat wisata, walaupun saya gagal menuju Bukit Kasih, atas saran supir yang mengantar saya, saya beralih destinasi ke Vihara Buddhayana, yang letaknya di Tomohon, sejalan dengan perjalanan pulang menuju bandara.

Di kawasan depan Vihara ini berjejer 18 patung Lohan atau Arhats, yaitu pengikut "delapan belas jalan" Buddha. Jalan ke dalam, terdapat Pagoda Ekayana, yang terdiri atas delapan tingkat. Dimana di depan pagoda terdapat juga patung nagaaaa.... Selain itu, juga terdapat Istana Kwan Im, yang istana nya bercat warna pink.

jajaran 18 patung arhats, pagoda, vihara


Pagoda

Istana Kwan In





Manado memang kota dengan banyak destinasi wisata. Dan apabila ada kesempatan datang ke Manado lagi....hohooo....saya pasti akan jalan-jalan berpetualang mengeksplorasi Manado kembali..^^


(WISATA KE) BUNAKEN - MANADO (PART I)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar