(WISATA KE) BUNAKEN - MANADO (PART I)

Perjalanan ini hampir setahun yang lalu saya lakukan. Perjalanan ini benar-benar singkat, sendiri, dan agak sedikit nekat, hehee.... Seperti biasa setelah menjalankan tugas kantor, selanjutnya menghabiskan waktu untuk mengeplorasi indahnya Indonesia. Namun, kali ini gara-gara waktu pekerjaan yang jauh melebihi bayangan dan tiket pulang yang udah terlanjur kebeli...waktu tersisa buat jalan-jalan hanya setengah hari aja. Yupps, setengah hari di Manado....meluncur ke Bunaken,,

Sebenarnya, ada 2 cara menuju Bunaken, menggunakan kapal angkutan masal (kapal taksi) atau sewa boat/kapal sendiri menuju Bunaken. Kapal taksi tersebut hanya sekali menuju ke Bunaken yaitu sekitar jam 14.00, dengan waktu tempuh 1 jam, dan kembali lagi ke Manado (Bunaken-Manado) sekitar jam 9.00. Harganya relatif murah, sekitar Rp10.000/penumpang. Karna ada selisih waktu sehari, maka jika menggunakan kapal ini, harus bermalam di Bunaken. Selain itu, kapal ini berhenti di daerah pemukiman warga di Bunaken, jadi jika ingin berwisata di daerah Bunaken, disarankan menyewa kapal kecil menuju tempat wisata Bunaken. Karna terbatasnya waktu saya memilih untuk menyewa boat saja....

Pagi-pagi, sekitar jam 7, buru-buru meninggalkan hotel (yang pasti sarapan yang banyak dulu...yummy......). Karna seorang diri, saya memutuskan untuk naek angkot jurusan "pasar 45" (untunglah hotel tempat saya menginap berada di pusat kota, jadi berasa lebih gampang). Begitu naek angkot, saya langsung bilang mau ke Bunaken. Sekali lagi, saya merasakan keramah-tamahan orang Indonesia.... selanjutnya dari tempat turun angkot, kira-kira harus berjalan 100 meter untuk mencapai darmaga.

Tujuan utama saya adalah snorkeling di Bunaken, dan cara utama saya menuju ke Bunaken adalah mencari orang yang mau saya tumpangin-sharing cost buat sewa kapal ke Bunaken. Maklumlah, itungannya bukan per penumpang melainkan per kapal.

Begitu sampai dermaga, saya langsung menuju tempat persewaan kapal dan menginformasikan bahwa saya mau cari orang yang mau berbagi kapal (sayang banged kalo cuman buat nyewa satu kapal satu orang...xixiiiiiii). Karna waktu yang terus berjalan (tik...toook....), jika jam 9.00 saya belum dapet orang yang mau saya tumpagin, saya mau memutuskan untuk sewa taksi dan keliling manado. Objek wisata di Manado kan bukan hanya Bunaken, hehee......(WISATA KE) MANADO (PART II)

Tapi takdir berkata lain, kenekatan saya berbuah hasil (yessss!!!!). Ada rombongan kantor juga yang mau ke Bunaken dan bersedia jika saya ikuuut...(yiiiippiie.....), dan mereka mau kalo sekitar jam 1 siang udah sampai di Manado kembali. Harga sewa boat untuk sekitar 6-7 orang sekitar Rp650.000 (kalo g salah inget, he.....).

Sekitar 45 menit, kita tiba di Bunaken. Selanjutnya, kita disarankan (oleh penjual-penjual dan orang sana) untuk menyewa baju untuk snorkeling. Biaya sewa baju + alat snorkeling sekitar Rp100.000-150.000 (agak lupa harganya).

Selanjutnya, mari kita melihat keindaan bawah laut dari Bunaken....keindahan warna dan bentuk dari ikan serta keindahan dari terumbu karang. Semuanya benar-benar mempesona!!!. Sebenarnya lebih mengasikan kalo kita bukan hanya snorkeling tapi diving di bawah laut Bunaken. Namun, harus ada jeda setelah diving dan naik pesawat, jedanya sekitar satu hari. Hal ini dikarenakan perbedaan tekanan.

Setelah selesai snorkeling, dipinggiran pantai tersebut banyak penjual-penjual makanan, kebanyakan menu mereka ialah ikan bakar. Setelah menikmati  makan siang dan sepoinya angin pinggir pantai Bunaken, saat kembali ke Manado. Ombak di saat siang ternyata lebih tinggi dan mengguncang kapal dibandingkan dengan pagi hari (untung tahan mabuk...^0^.....).

Perjalanan ke Bunaken kali ini banyak dibantu oleh rombongan yang sudah banyak saya repotin. Terima kasih atas bantuan dan keramahannya...^^