(WISATA KE) CANDI MUARO JAMBI


Sentra Keramik : Gang Mega (Pasar Sitimang atau Pasar Jambi)

Kali ini saya berkesempatan melihat-lihat kota Jambi, namun waktu yang saya punya hanya setengah hari saja (hiks....). Tempat pertama yang saya kunjungi ialah tempat yang banyaaak keramiknya. Jambi sangat terkenal dengan keramiknya,, jadi ini yang bikin saya penasaran....

Salah satu tempat yang banyak menjual keramiknya ialah di Pasar Jambi, letaknya di  belakang Bioskop Mega,, mungkin karna itulah tempat ini dikenal dengan nama Gang Mega....
Saya benar-benar menyusuri pasar ini, masuk dari gang ke gang... mulai melewati penjual baju-baju, penjual buah-buah, menyebrang, masuk ke gang... ketemu penjual jilbab, dan akhirnya masuk juga gang penjual keramik... (heheee...salah saya sih, mau mendramatisir perjalanan ke gang penjual keramiiik....).

Ketika sudah masuk kedalam, kita bakal nemuin jejeran toko yang menjual banyak keramik, mulai dari vas, aneka peralatan makan, hingga pajangan yang terbuat dari keramik. Diantara keramik itu, banyak yang katanya keramik import dan dijual dengan harga miring. Kalo mau beli disini jangan lupa tawar-menawar yaa...(ingat,,ini pasaaarrr bukan supermarket,,heheee....)

dipiliiih...dipiliiiiih......

aneka keramik dengan nuansa emaas....xoxooo..

 Candi Muaro Jambi

Setelah puas melihat-lihat keramik, saya menuju ke Candi Muaro Jambi. Letak Candi ini enggak begitu jauh dari bandara, jadinya enggak masalah buat saya mampir sebentar ke area Candi. Di perjalanan menuju Candi, saya melewati jembatan batanghari, yang termasuk salah satu ikon dari kota Jambi ini...


Candi ini sangaaat amat luas... sampai saat ini, mungkin ini kawasan Candi terluas yang pernah saya singgahiii... Ada banyak Candi yang bertebaran di kawasan ini, diantaranya Candi Astano, Candi Tinggi, Candi Gumpung, Candi Kembar Batu, Candi Gedong, Candi Kedato dan Candi Koto Mahligai. Selain bertebaran Candi (banyak candi yang sudah tidak utuh bentuknya, namun tetap dipertahankan keasliannya,, widiiih),, juga terdapat danau, kolam, dan bahkan sungai. Mungkin karna itulah kawasan candi ini amat sangat luaaasss.... Cara melihat semua candi? tenang... disekitar kawasan ini banyak rental sepeda. Sepeda yang ditawarkan termasuk sepeda yang cukup bagus,,, cukup nyaman untuk keliling Candi, yang perlu dikhawatirkan ialah cuacanya cukup tropis alias panas...hohooo....

deretan sepeda untuk disewa...gowes..gowes....

peta kawasan candi



Candi Tinggi
kembar batu
diantara reruntuhan Candi Asano




Kolam Telagorajo
Selain keramik dan wisata alamnya, ada lagi oleh-oleh yang saya bawa dari Jambi... Saya membeli kopi khas jambi (kebetulan temen saya nitip) >> katanya kopi di Jambi ini terkenal juga, lalu untuk nyokap, karna termasuk pecinta teh, saya bawain teh celup kayu aro... Teh ini asli jambi, tepatnya di Kerinci (katanya pemandangan alam di Kerinci itu baguuuuss.....#pingin ksana jadinya). Perkebunan teh di Kerinci ini, seperti hal nya Candi Muaro Jambi, sangat amat luaaas.... namun saya harus bersabar mengulas tentang hal ini, menunggu kesempatan berkunjung ke Kerinci (sabaaarrrr....^0^).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar